Inilah Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami!

Selain jerawat, komedo juga merupakan permasalahan pada kulit yang sangat sulit untuk dihilangkan. Apabila komedo tidak segera diatasi bisa mengalami peradangan sehingga memancing munculnya jerawat. Maka dari itu, Anda perlu mencari cara menghilangkan komedo yang aman dan cepat, baik secara alami maupun melalui perawatan.

Ada dua jenis komedo yang mungkin Anda alami, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Penyebab dari kedua komedo tersebut sama, yaitu adanya penyumbatan pori-pori kulit karena penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih.

Tips menghilangkan komedo dengan bahan alami

Penyebab dari penyumbatan ini beraneka ragam, ada yang disebabkan karena terjadinya perubahan hormone, stress hingga salah penggunaan make up atau skin care. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak rentan mengalami komedo. Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Tea tree oil

Tea tree oil tidak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat tetapi juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan komedo. Manfaat dari tea tree oil ini karena di dalamnya terkandung antimikroba yang mampu membunuh bakteri yaitu Propionibacterium acnes yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat dan komedo. Tidak hanya itu, tea tree oil juga dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan karena jerawat dan komedo. Anda bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak zaitun atau minyak pelarut lainnya kemudian oleskan pada bagian yang terdapat komedo.

2. Lidah buaya

Tidak hanya tea tree oil saja tetapi lidah buaya yang memang sangat bermanfaat dalam mengatasi jerawat, nyatanya juga sangat ampuh untuk mengatasi komedo. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiradang yang dapat membantu mencegah keparahan dari jerawat, bruntusan hingga komedo. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya secara langsung atau menggunakan produk yang mengandung tanaman ini untuk membantu dalam melembapkan wajah dan juga mengatasi peradangan karena jerawat dan komedo.

3. Madu

Selain lidah buaya dan tea tree oil, madu pun bisa Anda gunakan sebagai bahan alami dalam mengatasi komedo. Anda bisa membuat masker madu untuk menghilangkan komedo secara alami. Hal ini karena madu memiliki antioksidan tinggi yang dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Anda bisa menggunakan kapas atau spatula khusus masker untuk mengoleskan ke wajah yang terdapat komedo dan jerawat.

4. Lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo adalah lemon. Buah yang masuk dalam kelompok buah sitrus ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat dalam melembapkan kulit. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat mencegah penyumbatan pori – pori di kulit yang menjadi penyebab utama terjadinya jerawat dan komedo serta menghilangkan sel – sel kulit mati. Anda bisa mencampurkan air perasan lemon dengan ½ sendok makan madu untuk dijadikan masker. Setelahnya oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya setiap hari.

5. Minyak jojoba

Minyak jojoba dijadikan bahan alami dalam mengatasi komedo dan jerawat karena dapat mengurangi peradangan, pembengkakan dan kemerahan di wajah karena keduanya. Anda bisa menggunakan kapas yang sudah diteteskan minyak jojoba pada area wajah yang terdapat komedo dan jerawat. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat minyak jojoba.

6. Garam

Garam diyakini dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan menyeimbangkan produksi minyak sehingga dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo. Tidak hanya itu, garam juga bermanfaat dalam menghilangkan bakteri yang memicu timbulnya masalah kulit wajah. Anda bisa mencampurkan dengan madu dan air perasan lemon untuk menghilangkan komedo. 

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Komedo dan jerawat merupakan permasalahan kulit wajah yang sering terjadi dan sulit untuk dihilangkan. Namun jika Anda melakukan perawatan secara tekun dan rutin, komedo dan jerawat bisa dihilangkan meskipun menggunakan cara yang alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *