Hemodialisa di RS Citra Arafiq untuk Penderita Ginjal

RS Citra Arafiq yang sudah berdiri sejak tahun 2017 memiliki salah satu fasilitas hemodialisa untuk cuci darah para penderita gagal ginjal. Hemodialisis, merupakan mesin menyaring limbah, garam dan cairan dari darah ketika ginjal Anda tidak lagi cukup sehat untuk melakukan pekerjaan ini secara memadai. Hemodialisis adalah salah satu cara untuk mengobati gagal ginjal lanjut dan dapat membantu Anda tetap aktif meskipun gagal ginjal.

Saat terapi hemodialisis, Anda harus:

– Ikuti jadwal perawatan yang ketat

– Minum obat secara teratur

– Buat perubahan dalam diet Anda

Mengapa perlu dilakukan hemodialisis?

Dokter Anda akan membantu menentukan kapan Anda harus memulai hemodialisis berdasarkan beberapa faktor, termasuk:

– Kesehatan secara keseluruhan

– Fungsi ginjal

– Tanda dan gejala

– Kualitas hidup

– Preferensi pribadi

Anda mungkin melihat tanda dan gejala gagal ginjal (uremia), seperti mual, muntah, bengkak atau kelelahan. Dokter menggunakan perkiraan laju filtrasi glomerulus (eGFR) Anda untuk mengukur tingkat fungsi ginjal. EGFR dihitung menggunakan hasil tes kreatinin darah, jenis kelamin, usia, dan faktor lainnya. Nilai normal bervariasi dengan usia. Ukuran fungsi ginjal ini dapat membantu merencanakan perawatan Anda, termasuk kapan harus memulai hemodialisis.

Hemodialisis dapat membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan yang tepat dari cairan dan berbagai mineral – seperti kalium dan natrium – dalam tubuh. Biasanya, hemodialisis dimulai jauh sebelum ginjal berhenti bekerja hingga menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Penyebab umum gagal ginjal meliputi:

– Diabetes

– Tekanan darah tinggi (hipertensi)

– Peradangan ginjal (glomerulonefritis)

– Peradangan pembuluh darah (vaskulitis)

– Kista ginjal (penyakit ginjal polikistik)

Namun, ginjal Anda mungkin mati tiba-tiba (cedera ginjal akut) setelah penyakit parah, operasi rumit, serangan jantung atau masalah serius lainnya. Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan cedera ginjal.

Beberapa orang dengan gagal ginjal parah yang berlangsung lama (kronis) dapat memilih jalur yang berbeda, memilih terapi medis maksimal, juga disebut manajemen konservatif maksimum, daripada dialisis. Terapi ini melibatkan manajemen aktif komplikasi penyakit ginjal kronis lanjut, seperti kelebihan cairan, tekanan darah tinggi dan anemia, dengan fokus pada manajemen suportif gejala yang mempengaruhi kualitas hidup.

Orang lain mungkin menjadi kandidat untuk transplantasi ginjal preemptive, alih-alih memulai dialisis. Tanyakan kepada tim perawatan kesehatan Anda untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan Anda. Ini adalah keputusan individual karena manfaat dialisis dapat bervariasi, tergantung pada masalah kesehatan khusus Anda.

Jika mengalami cedera ginjal mendadak (akut), Anda mungkin memerlukan terapi hemodialisis di RS Citra Arafiq. Hemodialisis dilakukan umumnya tiga kali seminggu. Selain itu, Anda harus memperbaiki pola hidup seperti:

Makan makanan yang tepat

Makan dengan benar dapat meningkatkan hasil hemodialisis dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Saat menerima hemodialisis, Anda harus hati-hati memantau asupan cairan, protein, natrium, kalium dan fosfor. Ahli diet dapat membantu Anda mengembangkan rencana makan individual berdasarkan berat badan Anda, preferensi pribadi, fungsi ginjal yang tersisa dan kondisi medis lainnya, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi obat seperti yang ditentukan

Ikuti instruksi dari tim perawatan kesehatan Anda dengan cermat. Anda dapat meminta bantuan dokter di RS Citra Arafiq untuk membantu Anda dengan mendiskusikan jenis obat yang aman dikonsumsi selama perawatan. Mereka akan memberikan pilihan kepada Anda dan membantu mengatasi masalah apa pun yang tengah dikeluhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *