Jangan Abaikan Manfaat Yodium, Berikut Kegunaan Yodium Bagi Kesehatan

Apa yang terjadi apabila tubuh kekurangan zat yodium? Maka kemungkinan besar yang terjadi adalah mengalami gondok (pembengkakan di leher) dan keseimbangan hormone tiroid menjadi terganggu. Tidak hanya itu, masih banyak lagi gejala yang timbul apabila mengabaikan manfaat yodium. Sebab, zat mineral ini berperan penting bagi metabolisme tubuh dan  dibutuhkan dalam jumlah yang kecil.

Asupan Yodium Harian dan Manfaat Yodium

Yodium merupakan mineral mikro yang berperan penting bagi kinerja dan metabolisme. Berapa asupan harian yodium yang direkomendasikan untuk tubuh? Berikut rinciannya.

–     Bayi kurang dari 1 tahun: 90-129 mikrogram per hari

–      Anak-anak usia 1-11 tahun: 120 mikrogram per hari

–      Remaja dan orang dewasa setidaknya mengonsumsi 150 mikrogram per hari

–      Ibu hamil: 220 mikrogram per hari

–      Ibu menyusui: 250 mikrogram per hari

Kegunaan utama zat yodium adalah membantu perubahan hormon stimulasi tiroid menjadi T3 (triiodotironin) dan T4 (tiroksin). Perubahan hormon tersebut memungkinkan hormon tiroid dapat berjalan dengan normal. Selain itu, berikut manfaat yodium bagi kesehatan tubuh:

–          Metabolisme tubuh terjaga

–          Kesehatan tulang terjaga

–          Berperan aktif dalam respons imun

–          Membantu perkembangan di bagian sistem saraf pusat

–          Mencegah terjadinya pembengkakan pada leher (gondok)

–          Mencegah terjadinya gangguan kehamilan

–          Mencegah kenaikan berat badan secara berlebih, karena yodium berperan aktif dalam mengubah makanan menjadi panas tubuh atau energi

–          Mengurangi risiko kelelahan

–          Mencegah kerontokan pada rambut, karena hormon tiroid turut mengendalikan pertumbuhan pada folikel rambut.

–          Melembapkan kulit dan mencegah kelainan pada detak jantung

–          Siklus haid terjaga karena kadar hormon tiroid seimbang

Gejala Tubuh Kekurangan Yodium

Gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan yodium tidaklah mengganggu. Sebab, sebagian besar memengaruhi kesehatan dan fungsi hormon tiroid. Maka gejala yang muncul pada tubuh adalah sebagai berikut:

1. Mengalami Gondok

Gondok adalah kondisi yang menyebabkan leher mengalami pembengkakan. Hal tersebut terjadi akibat kelenjar tiroid bekerja terlalu keras sehingga kelenjar tiroid mengalami pembesaran. Untuk mengatasinya, pastikan asupan yodium bag kelenjar tiroid tercukupi sesuai dengan kebutuhan harian.

2. Gangguan Kehamilan

Kekurangan yodium sering dialami oleh kelompok ibu hamil. Akibatnya, fungsi hormon tiroid terganggu dapat menyebabkan leher membengkak, kelelahan, lemah, dan kedinginan. Sedangkan jika bayi kekurangan mineral dapat mengganggu perkembangan fisik dan otak.

3. Kuring Kering dan Mengelupas

Manfaat yodium lainnya adalah mampu meregenerasi dan menjaga kesehatan kulit. Sebab, seseorang yang kekurangan hormon tiroid cenderung susah untuk berkeringat. Sehingga kulit menjadi kering dan tidak lembap. Regenerasi kulit yang terganggu dapat mengelupas dan menimbulkan tidak nyaman pada kulit.

4. Mengalami Kerontokan Rambut

Pertumbuhan folikel rambut dikendalikan oleh hormon tiroid. Itulah sebabnya, kekurangan zat yodium menimbulkan risiko berhentinya regenerasi folikel rambut. Sehingga  rambut menjadi lebih mudah rontok.

5. Kelelahan dan Lemah

Metabolisme energi dapat terjaga dengan adanya hormon tiroid. Proses pembentukan energi akan terganggu apabila kebutuhan yodium berkurang. Sehingga menyebabkan rasa lemah dan lemah pada penderitanya.

6. Menstruasi yang Tidak Teratur

Mirip dengan gejala lainnya, kekurangan yodium berkaitan dengan gangguan pada hormon tiroid. Hal tersebut turut mempengaruhi siklus haid karena penyampaian sinyal kepada hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi terganggu. Sehingga menyebabkan wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur serta pendarahan yang berat.

Itulah informasi mengenai manfaat yodium serta dampak apabila kekurangan zat tersebut. Upayakan asupan yodium tetap terjaga, sehingga menghindarkan Anda dari risiko gangguan kesehatan berkaitan dengan hormon tiroid. Apabila kekurangan yodium menimbulkan gejala yang sulit disembuhkan, segera konsultasi ke dokter terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *