Keampuhan Kandungan Alkohol 70 Persen dalam Disinfektasi 

IKA Alkohol 70% - 100 ml harga terbaik 21017

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan cairan antispetik seperti alkohol sangat bermanfaat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Salah satunya, penggunaan hand sanitizer ataupum disinfektan yang mengandung alkohol 70 persen. 

Alkohol dengan kandungan tersebut dinilai mampu membunuh mikroorganisme. Karena itu, alkohol 70 persen bisa digunakan sebagai diinfektasi serta mencegah masuknya virus dalam tubuh. Langkah pencegahannya berupa penggunaan menggunakan hand sanitizer apabila merasa tangan Anda tidak higienis. Hingga disinfektan dalam sudut-sudut rumah. 

Lebih lanjut, Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini. Dwngan begitu, Anda juga bisa memahami pentingnya kandungan alkohol 70 persen  dalam disinfektasi di masa pandemi. 

Tentang alkohol 70 persen 

Salah satu kesalahpahaman umum adalah bahwa semakin tinggi persentase alkohol yang Anda gunakan untuk disinfeksi. Namun, semakin besar kemungkinan Anda benar-benar membersihkan kulit dan permukaan dari kuman yang mengkhawatirkan. Itulah hal yang perlu Anda ketahui. 

Alkohol 70 persen adalah disinfektan yang lebih baik 

Dalam hal disinfektan, konsentrasi alkohol yang lebih tinggi kurang efektif dalam membunuh bakteri. Menurut para ahli, serangga tertentu seperti bakteri lebih baik dihilangkan dengan penggunaan isopropanol (zat pembersih) yang kurang terkonsentrasi. Sebab, konsentrasi yang lebih tinggi mengakibatkan cedera eksternal yang membentuk dinding pelindung dan melindungi organisme tersebut. 

Di sisi lain, sebagian besar virus sensitif terhadap berbagai konsentrasi alkohol, termasuk dalam kisaran 90 persen. Perlu diingat bahwa mencuci tangan tetap menjadi strategi terbaik untuk mendisinfeksi permukaan. 

Meski, persentase alkohol 60 persen dinilai lebih efektif melawan flu biasa, flu, ataupun virus korona. Di sisi lain, 99 persen isopropanol atau alkohil menguap dengan sangat cepat sehingga tidak memungkinkannya menembus dinding sel dan membunuh bakteri. Karena itulah penggunaan allohol dengan konsentrasi tinggi tidak baik untuk membersihkan tangan. 

Lebih lanjut, dalam beberapa kasus, termasuk dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19, 99 persen isopropanol terlalu kuat untuk larutan alkohol. Sederhananya, itu memecah bagian luar sel sebelum dapat menembus kuman yang bersangkutan. 

Selain itu, alkohol 70 persen adalah campuran alkohol dan air yang sempurna untuk melintasi membran sel sehingga menyerang seluruh sel dan membunuh bakteri. Namun, aturan praktis ini tergantung pada virus yang bersangkutan. 

Sebab, virus dengan struktur selubung, seperti flu biasa dan virus corona, dapat dipecah dengan larutan alkohol 60 persen atau lebih tinggi. Namun, ada struktur virus lain, seperti norovirus, yang tidak dapat dibunuh dengan penggunaan alkohol dalam konsentrasi apa pun.  Di sanalah mencuci tangan menjadi metode paling efektif untuk menghilangkan setiap bentuk virus dan bakteri. 

Secara medis penggunaan alkohol 70 persen memang dinilai bisa membunuh kuman ataupin virus. Meski begitu, karena alkohol 70 persen untuk medis tidak ditambahkan pelembap, pada orang yang memiliki kulitnya sensitif akan mengalami iritasi apabila digunakan dalam jangka panjang. Karena itulah, penggunaannya tidak boleh terlalu sering. 

Selain disinfektan, ini manfaat alkohol 70 persen 

Alkohol 70 persen memiliki banyak kegunaan di rumah Anda, mulai dari pemolesan hingga desinfektan. Anda perlu memperhatikan kegunaannya seperti berikut ini. 

– Membersihkan kuas makeup. Anda dapat memanfaatkan sifat disinfektan alkohol untuk membersihkan kuas makeup Anda. Tuangkan sedikit alkohol ke dalam cangkir kecil dan celupkan kuas makeup Anda ke dalam cangkir, putar-putar selama beberapa detik. Bilas sikat dengan air hangat dan berbaring rata di atas handuk sampai kering. 

– Membersihkan wastafel dan krom. Alkohol tersebut apat membuat permukaan ini bersih dan mengkilap kembali.  Tuangkan alkohol pada kain lembut dan bersihkan. Anda tidak perlu menindaklanjuti dengan air untuk berkumur karena alkohol akan menguap. 

– Membersihkan tirai. Bungkus kain lap yang dibasahi alkohol di sekitar spatula, letakkan karet gelang di sekitar kain dan bersihkan di antara bilah tirai. Ini bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk membersihkan tirai yang sulit dibersihkan ini. 

– Penghilang bau sepatu. Jika sepatu Anda mulai berbau agak kuat, menyemprotkan alkohol dapat membantu hal itu.  Menjemurnya di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering dapat lebih membantu alkohol dalam membunuh bakteri. 

– Desinfektan ponsel. Dari minyak kulit hingga riasan, ada banyak hal yang dapat mengotori ponsel Anda. Gunakan bantalan alkohol atau lap untuk membersihkan dan mendisinfeksi. 

– Melarutkan embun beku kaca depan. Anda dapat mencampur larutan pencairan cepat dengan menggabungkan satu bagian air dan dua bagian alkohol 70 persen dalam botol semprot. Menyemprotkan ini ke kaca depan akan membuat embun beku lebih mudah dihilangkan. 

– Membersihkan baja tahan karat. Alkohol dapat membuat pembersih baja tahan karat yang sangat baik dengan menghilangkan noda air dan mendesinfeksi permukaan.  Gunakan handuk mikrofiber basah yang dibasahi alkohol untuk membersihkan baja tahan karat di rumah Anda. 

Itulah berbagai manfaat kandungan alkohol 70 persen yang bisa Anda gunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Mulai disinfektan, pembersihan luka, hingga kegunaan rumah tangga lainnya. Selain kegunaannya yang ampuh menghilangkan virus ataupun bakteri, langkah terbaiknya Anda tetap perlu mencuci tangan dengan sabun agar virus tersebut benar-benar mati. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *