Mengetahui Fungsi, Persiapan, dan Melakukan Pemeriksaan Laboratorium di Prodia Pekanbaru

Pemeriksaan laboratorium bukanlah hal yang asing di dalam dunia kesehatan. Jika dokter membutuhkan data pendukung mengenai kondisi pasien, maka dokter akan merujuk pasien untuk melakukan pemeriksaan laboratorium. Salah satu laboratorium yang bisa melakukan pengecekan lengkap adalah Laboratorium Klinik Prodia Pekanbaru Cempaka.

Pemeriksaan laboratorium dilakukan dengan mengambil sampel dari pasien yang bisa berbentuk darah, urine, sputum atau dahak, kerokan kulit, dan cairan tubuh lainnya. Sampel ini kemudian dianalisis untuk membantu dokter melakukan diagnosa.

Tidak hanya bagi orang yang sedang sakit, pemeriksaan laboratorium juga dapat membantu orang yang sehat untuk memperoleh banyak manfaat. Orang yang sehat bisa melakukan Medical Check Up secara rutin dan berkala sehingga dapat memantau kesehatannya.

Fungsi Pemeriksaan Laboratorium

Beberapa tujuan dilakukan pemeriksaan laboratorium diantaranya seperti:

  • Mendeteksi penyakit
  • Menentukan risiko kesehatan
  • Memantau perkembangan penyakit
  • Memantau perkembangan pengobatan

Dengan melakukan pemeriksaan laboratorium sedini mungkin, maka akan membantu dokter untuk memberikan pengobatan yang tepat sehingga mengurangi risiko penyakit menjadi parah.

Persiapan Melakukan Pemeriksaan Laboratorium

Persiapan pasien sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium berbeda-beda, tergantung dari pemeriksaan apa yang akan dijalani. Namun, terdapat beberapa persiapan umum yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

  • Berpuasa

Sebelum pemeriksaan darah, pasien harus berpuasa minimal 10 jam. Untuk pemeriksaan glukosa, puasa harus dilakukan minimal 8 jam, dan untuk pemeriksaan trigliserida, pasien harus berpuasa selama 12 jam.

Pasien tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama berpuasa, kecuali air putih. Jika mengonsumsi makanan dan minuman selain air putih, kandungan gizi dari makanan dan minuman akan diserap ke aliran darah sehingga memberikan dampak langsung pada tingkat lemak, besi, dan glukosa darah. Dengan berpuasa, akan membantu mengurangi variabilitas substansi tertentu di dalam aliran darah. 

Hal ini juga dilakukan agar hasil pemeriksaan laboratorium tidak dipengaruhi oleh zat-zat lain yang ada pada makanan dan minuman, sehingga hasilnya dapat diinterpretasikan dengan benar oleh dokter.

Beberapa pemeriksaan lainnya yang wajib untuk berpuasa adalah seperti pemeriksaan kolesterol, (profil lipid atau lemak), urea, dan asam urat.

  • Tidak mengonsumsi obat-obatan

Pasien tidak diperkenankan untuk mengonsumsi obat-obatan sebelum melakukan pemeriksaan karena dapat mempengaruhi hasil tes. Namun, jika Anda sedang mengonsumsi beberapa obat yang diresepkan oleh dokter, Anda bisa menginformasikan obat apa saja yang Anda konsumsi kepada pihak laboratorium. Dengan begitu, Anda bisa membantu pihak laboratorium dalam melakukan validasi hasil pemeriksaan.

  • Melakukan pemeriksaan pada pukul 07.00 hingga 09.00 pagi

Waktu yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium adalah pukul 07.00 hingga 09.00. Hal ini dikarenakan pada pagi hari tubuh dalam keadaan basal setelah beristirahat di malam hari. Kadar analit tubuh yang diperiksa di pagi hari akan memberikan hasil yang berbeda jika diperiksa pada siang atau sore hari karena tubuh belum melakukan banyak aktivitas. 

Selain itu, hindari juga merokok, minum kopi dan teh, alkohol, dan permen karet sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium karena dapat mempengaruhi hasil tes. Anda juga disarankan untuk menghindari aktivitas fisik berat dan menghindari stres sampai proses pemeriksaan selesai.

Rekomendasi Tempat Melakukan Pemeriksaan Laboratorium

Jika Anda berdomisili di wilayah Pekanbaru, Anda bisa melakukan pemeriksaan di Laboratorium Klinik Prodia Pekanbaru Cempaka. Laboratorium Prodia melayani banyak jenis pemeriksaan sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh atau sesuai arahan dokter untuk mendapatkan hasil diagnosa yang pasti mengenai kondisi tubuh Anda. 

Laboratorium Klinik Prodia Pekanbaru Cempaka beroperasi setiap senin hingga jumat pukul 06.30 – 20.00 dan hari sabtu pukul 06.30 – 15.00. Laboratorium klinik ini terletak di Jalan Cempaka No.80 A-C, Padang Bulan, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *