Vitamin Rambut Terbaik, Bagaimana Memilihnya?

Rambut yang sehat, tebal, dan berkilau merupakan dambaan semua orang. Tak heran, jika banyak sekali produk perawatan rambut yang beredar di pasaran. Selain menggunakan sampo dan kondisioner, menggunakan vitamin rambut secara rutin juga dapat membuat rambut semakin sehat dan kuat.

Hair vitamin memiliki banyak manfaat, mulai dari memberikan nutrisi, menjaga kelembaban, mengatasi kerontokan , hingga melindungi rambut yang rusak dan bercabang. Pilihlah hair vitamin yang sesuai dengan masalah rambut yang sedang Anda alami. 

Selain mengatasi berbagai masalah rambut, menggunakan vitamin rambut secara rutin juga dapat menjaga kelembaban alami rambut. Apalagi jika Anda sering melakukan hair styling dengan alat pengering rambut, catokan, atau hari curling. Hair vitamin juga berguna untuk mencegah kerusakan akibat produk-produk kimia dari pewarna rambut.

Memilih vitamin rambut terbaik, apa saja syaratnya?

Jika bingung memilih hair vitamin yang cocok, simak ulasan berikut mengenai tips memilih produk perawatan yang terbaik.

1. Perhatikan kandungan vitamin rambut

Yang pertama harus dilakukan dalam memilih vitamin rambut tentu saja melihat kandungan di dalamnya. Rambut memerlukan beberapa vitamin tertentu untuk memelihara kesehatan, seperti A, B, C, D, dan E. Vitamin tersebut tidak hanya memberikan nutrisi, tetapi juga memiliki antioksidan yang dapat mencegah kerusakan.

Selain kandungan vitamin, pilihlah vitamin yang memiliki kandungan lainnya seperti aloe vera yang dapat melembabkan, mineral oil yang memberikan nutrisi lebih, atau bahan-bahan alami yang kaya akan asam amino seperti minyak zaitun, madu, dan alpukat.

2. Pilih berdasarkan bentuk kemasan

Vitamin rambut hadir dengan berbagai macam kemasan, mulai dari kapsul, botol, serum, hingga spray atau mist. Pilihlah hair vitamin sesuai kebutuhan dan yang menurut Anda praktis digunakan. 

Hair vitamin yang berbentuk kapsul lunak banyak dipilih karena takarannya yang pas untuk sekali pakai. Tetapi, jika Anda memiliki aktivitas yang padat dan tidak sempat menggunakan vitamin rambut di rumah, pilihlah produk yang berbentuk spray atau mist bisa menjadi solusinya.

3. Cara menggunakan vitamin rambut yang benar

Beda kemasan, beda juga cara penggunaan vitamin rambut. Produk perawatan rambut yang berbentuk serum maupun kapsul biasanya digunakan setelah keramas ketika rambut setengah kering. Namun, ada juga hair vitamin yang digunakan saat rambut sudah kering sepenuhnya. 

Hair vitamin yang berbentuk spray biasanya dapat diaplikasikan kapan saja, jika rambut terasa kering atau lepek. Namun, yang paling penting, gunakan produk ini secara rutin pada pagi dan malam hari untuk membuat rambut selalu sehat dan lembab.

Selain ketiga hal di atas, Anda juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan vitamin rambut. Seperti dikatakan sebelumnya, beberapa produk sangat baik diaplikasikan saat rambut setengah basah karena rambut akan lebih mudah menyerap nutrisi. 

Aplikasikan hair vitamin mulai dari tengah hingga ujung rambut. Hindari bagian kulit rambut karena dapat menyebabkan rambut cepat lepek dan terlalu berminyak. Produk ini tersedia dalam bentuk oil dan serum juga perlu diperhatikan takarannya. Cukup gunakan 2 -3 tetes agar tidak membuat rambut semakin berminyak dan lepek.

Itulah beberapa tips untuk memilih hair vitamin. Selain memperhatikan ketiga hal di atas, penting juga untuk memilih merek hair vitamin yang cocok untuk rambut Anda. Jika salah memilih, rambut dapat menjadi makin kering, rusak, dan rontok. Pilihlah merek vitamin yang sudah teruji klinis dan terpercaya, seperti Makarizo, Yves Rocher, atau Elips. Anda juga bisa terlebih dahulu membaca beberapa ulasan mengenai merek vitamin rambut yang beredar di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *